Sabtu, 31 Maret 2012

29. Struktur Organisasi Menurut Teori Dalton

Organisasi bukanlah sesuatu yang konkrit, karena organisasi tidak berwujud.  Agar organisasi lebih kongkrit, organisasi perlu memiliki nama dan struktur organisasi.  Struktur organisasi adalah cara bagaimana sesuatu itu disusun.  Sesuatu yang ada dalam organisasi adalah pekerjaan-pekerjaan, dan pekerjaan-pekerjaan dalam organisasi itu saling berhubungan. 

Dalton E Macfarland mengatakan sebagai berikut “Organization structure we mean the pattern a network of relationships between the various positions and the positions holders.”  Artinya kurang lebih, “Struktur organisasi kami artikan sebagai suatu pola jaringan hubungan antara berbagai macam jabatan dan para pemegang jabatan.” Dari uraian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa struktur organisasi memperlihatkan satuan-satuan organisasi, hubungan-hubungan dan saluran-saluran wewenang dan tanggung jawab yang ada dalam organisasi. 

Setiap organisasi harus memiliki tujuan atau sasaran. Tujuan organisasi ini nantinya akan menentukan struktur organisasinya. Jadi struktur organisasi merupakan suatu kerangka yang menunjukkan seluruh kegiatan-kegiatan untuk pencapaian tujuan organisasi, hubungan antar fungsi-fungsi, serta wewenang dan tanggung jawabnya.
Struktur organisasi itu sendiri terdiri dari hubungan antara pekerjaan dan kelompok pekerjaan yang relative tetap dan stabil. Tujuan utama dari struktur organisasi adalah mempengaruhi perilaku individu dan kelompok guna mencapai prestasi yang efektif.

Proses dimana seorang manajer/pemimpin organisasi membuat pilihan untuk memutuskan desain struktur organisasi bagaimana yang akan digunakan, disebut sebagai Desain Organisasi, dan ini juga dimaksudkan sebagai keputusan dan tindakan yang sangat sederhana, yang terdapat dalam struktur organisasi.

http://kerajaan-semut.blogspot.com/2010/03/sistem-organisasi-tertutup-dan-terbuka.html,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar